ARTIKEL TENTANG MAKANAN

DASAR DALAM MENYAJIKAN MAKANAN

5 ELEMEN DASAR DALAM MENYAJIKAN MAKANAN

1. Membuat Kerangka Penyajian.
Mulai dengan membuat sketsa untuk menggambarkan bagaimana bentuk penyajian Anda. Kumpulkan inspirasi dari gambar atau barang-barang lalu susun di piring untuk latihan sekaligus melaksanakan visi Anda.

2.Sederhana.
Pilih satu bahan dan gunakan ruang yang ada untuk menyederhanakan presentasi makanan. Terlalu banyak bahan akan menutupi elemen utama dari makanan Anda dan mungkin akan membuat bingung pelanggan Anda.

3. Seimbang.
Bereksperimenlah dengan warna, bentuk dan tekstur untuk memastikan para pelanggan tidak merasa kewalahan. Presentasi makanan seharusnya tidak boleh melewati batas rasa dan fungsi makanan.
Sajikan Dengan Porsi yang Sesuai
Pastikan agar bahan sesuai takaran dan piring yang dipakai cocok dengan makanannya. Tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Sajikan dengan proporsi protein, karbohidrat dan sayuran yang tepat untuk menciptakan makanan dengan nutrisi yang seimbang.

4. Tonjolkan Bahan Utama.
Pastikan bahan utama lebih menonjol tapi juga perhatikan bahan pendukung lainnya. Hal ini mengacu pada elemen lainnya yang ada di piring seperti garnish, saus dan bahkan piring itu sendiri.

5.Teknik penyajian klasik.
Menggunakan tiga bahan dasar dari Inti, sayuran, dan bahan utama dalam pengaturan yang spesifik. Panduan sederhana tentang penyajian klasik adalah dengan mempertimbangkan piring sebagai wajah dari jam analog.
  Makanan utama: Antara jam 3 sampai 9
Inti: Antara jam 9 sampai 11
Sayuran: Antara jam 11 sampai 3

Tinggalkan komentar