FUSION FOOD

PENGERTIAN FUSION FOOD

Apa pengertian teknik memasak fusion ?

Fusion cuisine is cuisine that combines elements of different culinary traditions. Cuisines of this type are not categorized according to any one particular cuisine style and have played a part in innovations of many contemporary restaurant cuisines since the 1970s. menurut http://en.wikipedia.org/wiki/Fusion_food

Berdasar pengertian diatas secara sederhana teknik memasak fusion merupakan gabungan dari beberapa elemen teknik memasak dari tadisi yang berbeda-beda……silahkan ada masukan pembaca jika ada yang akan menambahkan ide tentang istilah fusion food atau fusion di teknik pembuatan roti………bagi kamipun istilah tsb baru atau mungkin sebenarnya pengertian lama dalam sistem adonan yang dikombinasikan dalam pembuatan roti atau produk bakery lain (masih belum benar-benar jelas deskripsinya).

Kalau berdasar istilah di atas dapat di simpulkan

” fusion food menggambarkan makanan yang dibuat berdasar 2 element atau lebih cara memasak dari tradisi yang berbeda”.

Fusion cuisine memang sedang menjadi tren belakangan ini. Menggabungkan dua atau lebih cita rasa kuliner yang berbeda, masakan fusion menawarkan sensasi baru di lidah. Pada prinipnya, pengolahan dan penyajian fusion food ditekankan pada unsur penataan yang artistik serta kombinasi antara bahan dan teknik pengolahan yang unik. Memasak secara fusion adalah praktik menggabungkan makanan dan gaya memasak dari berbagai sumber untuk menciptakan hidangan dengan rasa baru. Masakan fusion sebetulnya telah dipopulerkan sejak tahun 1970-an. Secara khusus, fusion memasangkan rempah-rempah yang bukan tradisional dan makanan dari daerah yang berbeda untuk menciptakan rasa yang unik dan baru. Memasak secara fusion biasanya dianut oleh penggemar masakan progresif dan dijauhi atau dihindari oleh penganut tradisionalis.

Asian Fusion Cuisine banyak mengusung masakan dari negara Jepang, India, Cina dan Thailand. Tak dapat disanggah bahwa makanan Asia adalah makanan yang paling banyak mendapat sorotan dunia. Selain variasi dan rasanya yang memang unik dan nikmat, pengaruh penyebaran orang Asia ke seluruh belahan dunia juga memegang peranan penting bagi ketersediaan makanan Asia di belahan dunia mana pun.

Inovasi dan keunikan hidangan fusion tergantung dari kreatifitas si rumah makan yang menawarkan hidangan fusion. Seperti misalnya East Meet West cusine yang mempertemukan rasa Asia dengan teknik Eropa, contohnya Indonesia dengan masakan barat seperti rendang glazed wagyu beef fillet, ginger marinated salmon fillet confit. Vietnam dengan Perancis seperti di vietnamese beef sandwich yg memakai stir fried beef ala Vietnam dipadukan dengan panggangan roti baquette. Jepang dengan Italia seperti italian pizza dengan ginger wasabi tuna.

Tinggalkan komentar